:type'/>
  • Breaking News

    blog ini untuk memberikan informasi yang berguna baik fashion mau pun lifestyle dan berita style lainya

    blog ini untuk memberikan informasi yang berguna baik fashion mau pun lifestyle dan berita style lainya.

    Monday, March 20, 2017

    Fashion dan lifestyle -masalah sampah,pemanggulan dan pengelolaan sampah , dijadikan sebagai energi Listrik

    Fashion dan lifestyle -masalah sampah,pemanggulan dan pengelolaan sampah ,  dijadikan sebagai energi Listrikfashion dan lifestyle - Masalah mengenai sampah  menang menjadi masalah yang besar di  kota kota besar dan juga di negara negara lain selain indonesia , di indonesia masalah sampah menang cukup perlu di tanggapi dengan serius.

    Perlunya sebuah pola pengelolaan sampah  yang bisa mengalahkan sebuah paradigma lama mengenai sampah  yang di anggap sebagai sesuatu yang tidak berguna , tidak mempunyai harga dan juga jorok dan kotor serta jijik. untuk itu perlunya adanya kesadaran dari tiap individu mengenai sumber masalah adalah  dirinya sendiri yang tidak menyadari tanggung jawabnya dalam pengelolaan  sampah yang menjadi tanggung jawabnya sendiri.

    Sampah tersebut sebagian besar dihasilkan  dari aktivitas manusia  yang menghasilkan pembuangan limbah atau sampah, sehinga jumlah dari sampah  mempunyai nilai sebanding dengan material yang di kita gunakan untuk sehari harinya. selain itu juga walau pun sampah yang di hasilkan dalam pemakaian sehari hari tidak lebih besar dari proses pertambangan dan juga industri tetapi hal tersebut selalu menjadi bahan pemikiran bagi  individu yang lain.

      -  Penanggulan Sampah

    Dalam penanggulan sampah perlu diterapkan dalam kehidupan sehari  untuk menanggulangi sampah dengan sistem 4R ;
    -Reduce ;Sebisa mungkin untuk mengurangi dan juga meminimalisasikan barang atau pun  material  yang kita pergunakan , jika semakin banyak kita mengunakan  materi maka akan membuat sampah      makin banyak
     -Reuse : Sebisa mungkin  lakukanlah pemilihan barang terhadap barang yang bisa di gunakan kembali , hindari pemakaian barang yang hanya sekali pake,  hal ini bisa memperpanjang waktu pemakaian barang.
    -Recycle : Daur ulang  sebisa mungkin untuk barang yang tidak di gunakan dengan daur ulang untuk program ini telah banyak berdiri Poskos Daur ulang  Cth Tzu chi, Greeneration Indonesia , DLL
    -Replace: usahakan untuk menganti semua material dengan materi yang tahan lama .

      -Pengelolaan sampah
    Pada umumnya sebagian besar sampah yang telah dihasilkan di indonesia  adalah sampah basah dengan perbandingan 70 persen dari total Volume sampah. apa lagi di perkotaan besar  sehingga sistem tersebut tidak berjalan dengan effisiens dan efektif
     haruslah kita bisa melakukan pengelompokan berdasarkan jenis sampah agar mudah di lakukan program daur ulang (sampah basah , sampah kering , botol kaca , dan botol Plastik, Kertas , Kaleng Aluminiun) di buang berdasarkan tempat yang telah di sediakan  bak sampahnya tersendiri untuk prosesnya pemilahan nya di lakukan terlebih dahulu oleh individu.
    sedangkan usaha dari pemerintah menyediahkan mobil yang mengangkut sampah sampah yang telah di  bilah bilah dan di buang berdasarkan tempatnya. sampah sampah tersebut masih bisa di tanggung pemerintah dengan mengorganisasikan pengumpulan sampah  tersebut di serahkan ke Pabrik untuk daur Ulang. sisa dari sampah tersebut akan diolah melalui cara di biarkan busuk ,  di komposkan ( di jadikan pupuk) dan di bakar . namun usaha dari pemerintah ini kurang efisien dan juga tidak efektif hal ini menyebabkan  pencemaran lingkungan, longsor dan juga muncullnya sumber bibit penyakit.

      -Konsep Sampah sebagai sumber energi Listrik
    Selain mengunakan ke3 cara yang kurang Effisien tersebut kini pemerintah telah mencoba untuk mengola sampah dengan menjadi energi Listrik dapat di sebut dengan istilah Waste To energy atau dengan kata lain PLTSa ( Pembangkit Listrik Tenaga Sampah) hal ini sedang di lakukan oleh pemerintah bandung dan juga di ikuti oleh NTB
    Untuk konsep Sampah dijadikan sumber Listrik dapat di jelaskan secara singkat
    1 Pemilahan sampah , untuk memanfaatkan sampah yang masih bisa di daur ulang, sisa sampah dari pemilahan di masukan ke tungku Insinerator untuk di bakar.
    2 Pembakaran sampah , biasa mengunakan teknologi pembakaran yang efisien dan berjalan dengan efektif, selain itu bersifat ramah lingkungan,untuk suhunya  di pertahankan dengan  derajat yang tinggi. asap yang keluar dari pembakaran akan dikendalikan sehingga sesuai dengan standrad lisensi mutu emisi gas buang.
    3 Pemanfaatan Panas , Hasil dari pembakaran sampah akan menghasilkan panas yang bisas di gunakan untuk memanaskan Boiler . uap yang di hasilkan  di gunakan  untuk bisa memutarkan Turbin untuk menghidupkan dan mengerakan generator  Listrik.
    4 Pemanfaatan sisa abu bakar, Sisa dari proses pembakaran sampah adalah abu. Volume dan berat abu yang dihasilkan diperkirakan hanya kurang 5% dari berat atau volume sampah semula sebelum di bakar. Abu ini akan dimanfaatkan untuk menjadi bahan baku batako atau bahan bangunan lainnya setelah diproses dan memiliki kualitas sesuai dengan bahan bangunan juga bisa di jadikan pupuk kompos.

    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Travel